Minggu, 27 April 2014

KIAT SISWA MENINGKATKAN NILAI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENJADI > KKM







OLEH X.4 :
Astri Listya Devi    (07)
Ayu Nadliroh          (08)
Nabilah Nafisah      (19)
 Putri Aprilia Eka R (26)
 Suci Arin Annisa    (31)


SMA NEGERI 1 GLAGAH BANYUWANGI
TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Mahaesa, karena dengan pertolonganNya kami dapat menyelesaiakan makalah  yang berjudul ‘Matematika Itu Mudah’.

Dalam penulisan makalah ini kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Dandut selaku guru Bahasa Indonesia serta rekan-rekan kelas X.4.Semoga bantuan, kebaikan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami selama penyelesaian makalah ini mendapat balasan dari Tuhan YME

Makalah ini berisikan tentang informasi seputar ilmu matematika dan peran matematika bagi kehidupan. Dan diharapkan makalah ini dapat memotivasi para siswa untuk belajar matematika dan mencapai nilai yang memuaskan.

Kami  menyadari dalam penyusunan Makalah Ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari segi isi maupun penyajiannya. Untuk itu dengan segala kerendahan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah  ini.

Akhir kata kami sangat berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penyusun khususnya.


Banyuwangi,11 Januari 2013
      
      Tim Penyusun




Daftar Isi
Cover ......................................................................................................................................  1

Kata Pengantar ....................................................................................................................... 2

Daftar Isi.................................................................................................................................. 3

BAB I . Pendahuluan

I.1 Latar Belakang............................................................................................................. 4
I.2 Rumusan Masalah ...................................................................................................... 4
I.3 Tujuan Dan Manfaat .................................................................................................. 4

BAB II . Isi Dan Pembahasan

II.1 Definisi Matematika ................................................................................................. 5
II.2 Respon Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di Kelas ......................... 5
II.3 Penyebab Siswa Mendapatkan Nilai Mata Pelajaran Matematika < KKM ...... 5
III.4 Upaya Siswa Untuk Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Matematika ........... 6

BAB III . Penutup

III.1 Kesimpulan................................................................................................................ 9     
III.2 Saran .......................................................................................................................... 9
III.3 Daftar Pustaka ........................................................................................................ 10



BAB I
PENDAHULUAN


I.1 LATAR BELAKANG
               Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa mata pelajaran matematika sampai saat ini tidak begitu diminati oleh sebagian siswa. Bahkan ada juga siswa yang menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan, serta saat pembelajaran matematika selalu ada siswa yang menangis dan orang tua harus menuggu di dalam kelas. Sehingga banyak siswa yang prestasi belajar matematikanya di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika dengan metode bermain.

I.2 RUMUSAN MASALAH

a)      Apaka matematika itu ?
b)      Bagaimana respon siswa terhadap mata pelajaran matematika di kelas ?
c)      Apa penyebab siswa mendapatkan nilai mata pelajaran matematika dibawah KKM?
d)     Bagaimana upaya siswa untuk meningkatkan nilai matematika ?

I.3 TUJUAN DAN MANFAAT

a)      Untuk mengenalkan matematika kepada siswa.
b)      Untuk memotivasi siswa agar meningkatkan nilai pada mata pelajaran matematika.
c)      Agar siswa tidak menganggap sulit terhadap mata pelajaran matematika.
d)     Untuk meningkatkan niai matematika.
e)      Untuk membekali siswa dalam kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama.




BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN

II.1 Definisi Matematika

Tidak dapat dengan mudah dijawab. Hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada kepastian mengenai pengertian matematika karena pengetahuan dan pandangan masing-masing dari para ahli yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang bilangan dan ruang, matematika merupakan bahasa simbol, matematika adalah bahasa numerik, matematika adalah ilmu yang abstrak dan deduktif, matematika adalah metode berpikir logis, matematika adalah ilmu yang mempelajari hubungan pola, bentuk dan struktur, matematika adalah ratunya ilmu dan juga menjadi pelayan ilmu yang lain. Matematika adalah salah satu pengetahuan tertua yang terbentuk dari penelitian bilangan dan ruang. Matematika adalah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan tidak merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam.

II.2 Respon siswa terhadap mata pelajaran matematika di kelas.

Sebagian besar siswa merespon baik adanya mata pelajaran matematika di kelas. Tapi ada juga yang merespon buruk mata pelajaran matematika. Siswa yang merespon baik beranggapan bahwa mata pelajaran matematika sangatlah menyenangkan karena menurut mereka, matematika dapat mengasah kemampuan berhitung dan logika mereka. Namun bagi mereka yang merespon buruk, sebagian besar tidak menyukai matematika karena mereka beranggapan bahwa matematika itu sulit. Sesungguhnya jika kita sering berlatih mengerjakan soal matematika, pasti senantiasa kita dapat menyukai matematika. Siswa yang beranggapan buruk pada matematika sesungguhnya adalah siswa yang malas atau tidak pernah mau berlatih.

III.3 Penyebab siswa mendapatkan nilai mata pelajaran matematika < KKM
1.      Karena siswa malas berlatih
Untuk mewujudkan agar nilai matematika > KKM tentunya siswa harus berlatih soal-soal secara terus menerus agar mengasah keterampilan berpikir secara logika dan kreatif,jika siswa malas berlatih maka siswa akan kesulitan saat mengerjakan ujian atau tes matematika.
2.      Karena faktor guru
Guru memegang peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Penguasaan materi yang dicapai siswa tentu saja sedikit banyak tergantung pada guru. Hal yang patut diperhatikan dari faktor ini, yaitu tentang pola pengajaran dan perilaku guru.
Dan kebanyakan para siswa jika tidak menyukai gurunya maka tidak akan mencintai pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut,sehingga siswa tidak memerhatikan pelajaran bahkan tidak akan mempelajari pelajaran tersebut
Bagaimana siswa bisa menyukai Matematika jika mereka tidak menyukai guru Matematika? Jadi untuk membuat siswa menyukai Matematika salah satu langkah awal yang bisa ditempuh adalah membuat siswa mencintai menyukai guru Matematika
3.      Tidak mau meluangkan waktu
4.      Malu Bertanya jika kesulitan dalam mengerjakan soal mata pelajaran Matematika
5.      Tidak menyukai mata pelajaran matematika
6.      Cepat berputus asa, ketika mengalami rintangan dalam pembelajaran matematika
7.      Minat siswa pada mata pelajaran matematika sangat rendah
8.      Kurangnya motivasi siswa ketika belajar matematika
Motivasi yang rendah akan menumbuhkan rasa malas dan bosan dalam diri siswa untuk belajar matematika.
9.      Kondisi fisik/jasmani siswa ketika belajar matematika
10.  Menganggap remeh mata pelajaran matematika

III.4 Upaya siswa untuk meningkatkan nilai mata pelajaran matematika
1.      Tekun Berlatih
Dalam  1 hari tidak perlu meluangkan terlalu banyak untuk belajar,cukup sedikit namun tetap konsisten.Matematika adalah ilmu hitung,tentu akan semakin baik belajar ilmu hitung dengan rajin berlatih berhitung dan memperbanyak latihan membahas atau mengerjakan soal-soal,karena jika kita sudah terbiasa,maka akan mudah bagi kita untuk menyelesaikan soal yang sama di kemudian hari.Selain itu hal tersebut juga bias membuat pemahaman kita kepada mata pelajaran matematika semakin mendalam.
2.      Mencintai mata pelajaran Matematika
Siapapun akan setuju bahwa mempelajari sesuatu dengan hati yang senang akan bisa dengan mudah mempelajari hal tersebut.Begitu juga dengan matematika,serumit apapun soal matematika,bila kita mempelajarinya dengan senang ,maka kita bisa dengan cepat menguasainya.
3.      Aktif bertanya jika kesulitan
Jika kita tidak mengerti atau tidak memahami materi mata pelajaran matematika yang sedang dijelaskan oleh guru sebaiknya bertanya.Jangan hanya diam dan membiarkan diri kita tidak memahami suatu materi tertentu.Jika kita hanya diam saja,tidak mau bertanya saat kita tidak mengerti tentang suatu materi,maka hal ini akan berdampak pada pemahaman kita tentang materi selanjutnya,kita akan mengalami kesulitan dalam memahami materi selanjutnya.
4.      Buat Kumpulan rumus dan konsep-konsep penting
Kita bisa membuat kumpulan rumus dan konsep-konsep penting di kertas khusus,buku kecil atau buku saku,yang bisa ditempel atau dibawa dan dibuka setiap saat.Ini akan membantu dalam mengingat rumus-rumus dan konsep-konsep penting.
5.      Belajar Kelompok
Belajar kelompok akan sangat membantu dalam pelajaran matematika.Seringkali diantara masing-masing  anggota kelompok belajar melihat sesuatu dengan cara yang berbeda,maka bisa jadi ada yang tahu bagaimana cara memecahkan masalah yang tidak dapat kita kerjakan atau ada anggota kelompok belajar yang sudah memahami suatu topik yang kita belum pahami sehingga dia dapat membantu menjelaskan topik tersebut kepada kita.
6.      Buatlah catatan yang baik
Cobalah untuk menuliskan kembali semua hal yang dituliskan guru di papan tulis.Kadang apa yang dijelaskan guru di papan tulis itu tampak mudah,tapi ketika kita harus mengerjakannya sendiri hal itu seringkali tidak mudah dilakukan.Catatan yang baik akan membantu memudahkan mengingat kembali bagaimana mengerjakan soal-soal tersebut.
7.      Latihlah daya tahan kita untuk menyelesaikan soal-soal mata pelajaran matematika,jangan mudah menyerah dan berputus asa,latihlah rasa penasaran jika jawaban dan pemecahan soal belum terjawab.
8.      Pelajari Notasi
Seringkali guru mengandaikan bahwa siswa tahu dan paham tentang notasi,symbol,lambing dalam matematika,sehingga siswa harus mempelajarinya dengan baik.
9.      Mendengarkan selama pelajaran berlangsung
Kita perlu mendengarkan dalam seluruh proses pembelajaran.Seringkali hal ini memang sulit dilakukan,tapi sangat penting bagi kita untuk terus melakukan dan mengusahakannya.Terkadang gagasan/ide-ide penting tidak selalu dituliskan di papan tulis oleh guru.Perhatikan hal-hal yang disampaikan oleh guru,khususnya yang ditekankan oleh guru.Karena itu bisa berarti bahwa guru menganggap hal itu merupakan sesuatu yang penting .Dan lebih penting lagi,mungkin topic/bagian itu akan keluar dalam soal-soal ujian/tes.

10.  Jabarkan dalam bentuk cerita
Sebuah soal matematika yang sangat rumit dan sulit,akan bisa terlihat mudah untuk dipecahkan bila diuraikan dalam bentuk cerita.Ini berhubungan dengan penggunaan logika berpikir.Oleh karena itu bila kita telah terbiasa menggunakan logika berpikir dalam memecahkan soal matematika,maka kita tidak akan menemui kesulitan bila kita menjumpai soal matematika dalam bentuk cerita.
11.  Kerjakan PR yang diberikan oleh guru.
Luangkan waktu untuk mengerjakan PR yang diberikan oleh guru. Setelah mengerjakan beberapa soal dengan melihat buku atau catatan, cobalah mengerjakan soal tanpa menggunakan buku atau catatan, hal ini dimaksudkan untuk melatih diri kita menghadapi ujian atau tes tentang materi tersebut. Ingat saat dalam ujian atau tes kita dilarang untuk membuka buku atau catatan. Mengerjakan PR akan memberi kesempatan untuk lebih memahami materi yang sedang dipelajari.






BAB III
PENUTUP

III.1 KESIMPULAN

Adanya strategi tertentu, harus dimiliki siswa dalam belajar tak menggantungkan diri pada teman. Karena pada dasarnya dengan adanya ketergantungan itu dapat membuat kita lemah dan terbiasa tidak berusaha sendiri dengan kata lain kita tak mempunyai sikap mandiri.
Strategi-srategi itu biasanya seperti, belajar pelajaran yang akan di pelajari besok, rutin dalam belajar, mengajarkan pr pada hari itu juga dan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan.
Jangan pernah meningalkan suatu masalah jika belum ada solusinya, misalakan , ada seorang siswa yang belajar matematika rutin.
Seorang siswa yang rutin dalam belajar dan disiplin akan mendorong siswa untuk belajar lebih maju. Menekuni suatu bidang mata pelajaran adalah hal yang sangat diperlukan karena agar siswa tidak kebingungan & fokus yang menjadikan hasil maksimal.

III.2 SARAN
1.      Sebaiknya siswa lebih banyak berlatih soal matematika.
2.      Sebaiknya lebih sering berdiskusi soal-soal matematika dengan teman sebaya.
3.      Lebih sering aktif bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal matematika.
4.      Harus menyenangi pelajaran matematika.
5.      Tidak boleh berputus asa jika mengalami rintangan saat belajar matematika.
6.      Aktif dalam mengikuti lomba-lomba seputar matematika untuk meningkatkan semangat dalam belajar matematika.

III.3 DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar