OLEH
X.4 :
Astri
Listya Devi (07)
Ayu
Nadliroh (08)
Nabilah
Nafisah (19)
Putri
Aprilia Eka R (26)
Suci
Arin Annisa (31)
SMA NEGERI 1 GLAGAH
BANYUWANGI
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat
Tuhan Yang Mahaesa, karena dengan pertolonganNya kami dapat menyelesaiakan
makalah yang berjudul ‘Matematika Itu
Mudah’.
Dalam penulisan makalah ini kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Dandut selaku guru Bahasa Indonesia serta rekan-rekan kelas X.4.Semoga bantuan, kebaikan dan dukungan yang telah diberikan kepada kami selama penyelesaian makalah ini mendapat balasan dari Tuhan YME
Makalah ini berisikan tentang informasi
seputar ilmu matematika dan peran matematika bagi kehidupan. Dan diharapkan
makalah ini dapat memotivasi para siswa untuk belajar matematika dan mencapai
nilai yang memuaskan.
Kami menyadari dalam penyusunan Makalah Ini masih
jauh dari kesempurnaan baik dari segi isi maupun penyajiannya. Untuk itu dengan
segala kerendahan hati kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya
membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata kami
sangat berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan penyusun
khususnya.
Banyuwangi,11 Januari 2013
Tim
Penyusun
Daftar Isi
Cover
...................................................................................................................................... 1
Kata
Pengantar ....................................................................................................................... 2
Daftar
Isi.................................................................................................................................. 3
BAB I
. Pendahuluan
I.1 Latar
Belakang............................................................................................................. 4
I.2 Rumusan
Masalah ...................................................................................................... 4
I.3 Tujuan
Dan Manfaat .................................................................................................. 4
BAB
II . Isi Dan Pembahasan
II.1
Definisi Matematika ................................................................................................. 5
II.2 Respon
Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Di Kelas ......................... 5
II.3 Penyebab Siswa Mendapatkan Nilai Mata
Pelajaran Matematika < KKM ...... 5
III.4 Upaya Siswa Untuk Meningkatkan Nilai Mata Pelajaran Matematika
........... 6
BAB III .
Penutup
III.1
Kesimpulan................................................................................................................ 9
III.2
Saran .......................................................................................................................... 9
III.3
Daftar Pustaka ........................................................................................................ 10
BAB I
PENDAHULUAN
I.1 LATAR BELAKANG
Latar
belakang masalah penelitian ini adalah bahwa mata pelajaran matematika sampai
saat ini tidak begitu diminati oleh sebagian siswa. Bahkan ada juga siswa yang
menganggap pelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit dan menakutkan,
serta saat pembelajaran matematika selalu ada siswa yang menangis dan orang tua
harus menuggu di dalam kelas. Sehingga banyak siswa yang prestasi belajar
matematikanya di bawah kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu perlu
diadakan penelitian tentang upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar
matematika dengan metode bermain.
I.2 RUMUSAN
MASALAH
a) Apaka matematika itu ?
b) Bagaimana respon siswa terhadap mata
pelajaran matematika di kelas ?
c) Apa penyebab siswa mendapatkan nilai
mata pelajaran matematika dibawah KKM?
d) Bagaimana upaya siswa untuk
meningkatkan nilai matematika ?
I.3 TUJUAN
DAN MANFAAT
a) Untuk mengenalkan matematika kepada
siswa.
b) Untuk memotivasi siswa agar
meningkatkan nilai pada mata pelajaran matematika.
c) Agar siswa tidak menganggap sulit
terhadap mata pelajaran matematika.
d) Untuk meningkatkan niai matematika.
e) Untuk membekali siswa dalam kemampuan
berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta kemampuan
bekerja sama.
BAB II
ISI DAN PEMBAHASAN
II.1 Definisi Matematika
Tidak
dapat dengan mudah dijawab. Hal ini dikarenakan sampai saat ini belum ada
kepastian mengenai pengertian matematika karena pengetahuan dan pandangan
masing-masing dari para ahli yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa
matematika adalah ilmu tentang bilangan dan ruang, matematika merupakan bahasa
simbol, matematika adalah bahasa numerik, matematika adalah ilmu yang abstrak
dan deduktif, matematika adalah metode berpikir logis, matematika adalah ilmu
yang mempelajari hubungan pola, bentuk dan struktur, matematika adalah ratunya
ilmu dan juga menjadi pelayan ilmu yang lain. Matematika adalah salah satu
pengetahuan tertua yang terbentuk dari penelitian bilangan dan ruang.
Matematika adalah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan tidak merupakan
cabang dari ilmu pengetahuan alam.
II.2 Respon siswa terhadap mata
pelajaran matematika di kelas.
Sebagian besar siswa merespon baik adanya mata pelajaran
matematika di kelas. Tapi ada juga yang merespon buruk mata pelajaran
matematika. Siswa yang merespon baik beranggapan bahwa mata pelajaran
matematika sangatlah menyenangkan karena menurut mereka, matematika dapat
mengasah kemampuan berhitung dan logika mereka. Namun bagi mereka yang merespon
buruk, sebagian besar tidak menyukai matematika karena mereka beranggapan bahwa
matematika itu sulit. Sesungguhnya jika kita sering berlatih mengerjakan soal
matematika, pasti senantiasa kita dapat menyukai matematika. Siswa yang
beranggapan buruk pada matematika sesungguhnya adalah siswa yang malas atau
tidak pernah mau berlatih.
III.3 Penyebab siswa mendapatkan
nilai mata pelajaran matematika < KKM
1.
Karena
siswa malas berlatih
Untuk mewujudkan agar
nilai matematika > KKM tentunya siswa harus berlatih soal-soal secara terus
menerus agar mengasah keterampilan berpikir secara logika dan kreatif,jika
siswa malas berlatih maka siswa akan kesulitan saat mengerjakan ujian atau tes
matematika.
2.
Karena
faktor guru
Guru memegang peranan yang sangat penting dalam proses
pembelajaran. Penguasaan materi yang dicapai siswa tentu saja sedikit banyak
tergantung pada guru. Hal yang patut diperhatikan dari faktor ini, yaitu
tentang pola pengajaran dan perilaku guru.
Dan kebanyakan para siswa jika tidak menyukai gurunya maka
tidak akan mencintai pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut,sehingga siswa
tidak memerhatikan pelajaran bahkan tidak akan mempelajari pelajaran tersebut
Bagaimana siswa bisa menyukai Matematika jika mereka tidak menyukai guru Matematika? Jadi untuk membuat siswa menyukai Matematika salah satu langkah awal yang bisa ditempuh adalah membuat siswa mencintai menyukai guru Matematika
Bagaimana siswa bisa menyukai Matematika jika mereka tidak menyukai guru Matematika? Jadi untuk membuat siswa menyukai Matematika salah satu langkah awal yang bisa ditempuh adalah membuat siswa mencintai menyukai guru Matematika
3.
Tidak mau meluangkan waktu
4.
Malu
Bertanya jika kesulitan dalam mengerjakan soal mata pelajaran Matematika
5.
Tidak
menyukai mata pelajaran matematika
6.
Cepat
berputus asa, ketika mengalami rintangan dalam
pembelajaran matematika
7.
Minat
siswa pada mata pelajaran matematika sangat rendah
8.
Kurangnya
motivasi siswa ketika belajar matematika
Motivasi yang rendah
akan menumbuhkan rasa malas dan bosan dalam diri siswa untuk belajar matematika.
9.
Kondisi
fisik/jasmani siswa ketika belajar matematika
10.
Menganggap
remeh mata pelajaran matematika
III.4
Upaya siswa untuk meningkatkan nilai mata pelajaran matematika
1.
Tekun
Berlatih
Dalam 1 hari tidak perlu meluangkan terlalu banyak
untuk belajar,cukup sedikit namun tetap konsisten.Matematika adalah ilmu
hitung,tentu akan semakin baik belajar ilmu hitung dengan rajin berlatih
berhitung dan memperbanyak latihan membahas atau mengerjakan soal-soal,karena
jika kita sudah terbiasa,maka akan mudah bagi kita untuk menyelesaikan soal
yang sama di kemudian hari.Selain itu hal tersebut juga bias membuat pemahaman
kita kepada mata pelajaran matematika semakin mendalam.
2.
Mencintai
mata pelajaran Matematika
Siapapun akan setuju
bahwa mempelajari sesuatu dengan hati yang senang akan bisa dengan mudah
mempelajari hal tersebut.Begitu juga dengan matematika,serumit apapun soal
matematika,bila kita mempelajarinya dengan senang ,maka kita bisa dengan cepat
menguasainya.
3.
Aktif
bertanya jika kesulitan
Jika kita tidak
mengerti atau tidak memahami materi mata pelajaran matematika yang sedang
dijelaskan oleh guru sebaiknya bertanya.Jangan hanya diam dan membiarkan diri
kita tidak memahami suatu materi tertentu.Jika kita hanya diam saja,tidak mau
bertanya saat kita tidak mengerti tentang suatu materi,maka hal ini akan
berdampak pada pemahaman kita tentang materi selanjutnya,kita akan mengalami
kesulitan dalam memahami materi selanjutnya.
4.
Buat
Kumpulan rumus dan konsep-konsep penting
Kita bisa membuat
kumpulan rumus dan konsep-konsep penting di kertas khusus,buku kecil atau buku
saku,yang bisa ditempel atau dibawa dan dibuka setiap saat.Ini akan membantu
dalam mengingat rumus-rumus dan konsep-konsep penting.
5.
Belajar
Kelompok
Belajar kelompok akan
sangat membantu dalam pelajaran matematika.Seringkali diantara
masing-masing anggota kelompok belajar
melihat sesuatu dengan cara yang berbeda,maka bisa jadi ada yang tahu bagaimana
cara memecahkan masalah yang tidak dapat kita kerjakan atau ada anggota
kelompok belajar yang sudah memahami suatu topik yang kita belum pahami
sehingga dia dapat membantu menjelaskan topik tersebut kepada kita.
6.
Buatlah
catatan yang baik
Cobalah untuk
menuliskan kembali semua hal yang dituliskan guru di papan tulis.Kadang apa
yang dijelaskan guru di papan tulis itu tampak mudah,tapi ketika kita harus
mengerjakannya sendiri hal itu seringkali tidak mudah dilakukan.Catatan yang
baik akan membantu memudahkan mengingat kembali bagaimana mengerjakan soal-soal
tersebut.
7.
Latihlah
daya tahan kita untuk menyelesaikan soal-soal mata pelajaran matematika,jangan
mudah menyerah dan berputus asa,latihlah rasa penasaran jika jawaban dan
pemecahan soal belum terjawab.
8.
Pelajari
Notasi
Seringkali guru
mengandaikan bahwa siswa tahu dan paham tentang notasi,symbol,lambing dalam
matematika,sehingga siswa harus mempelajarinya dengan baik.
9.
Mendengarkan
selama pelajaran berlangsung
Kita perlu mendengarkan
dalam seluruh proses pembelajaran.Seringkali hal ini memang sulit
dilakukan,tapi sangat penting bagi kita untuk terus melakukan dan
mengusahakannya.Terkadang gagasan/ide-ide penting tidak selalu dituliskan di
papan tulis oleh guru.Perhatikan hal-hal yang disampaikan oleh guru,khususnya
yang ditekankan oleh guru.Karena itu bisa berarti bahwa guru menganggap hal itu
merupakan sesuatu yang penting .Dan lebih penting lagi,mungkin topic/bagian itu
akan keluar dalam soal-soal ujian/tes.
10.
Jabarkan
dalam bentuk cerita
Sebuah soal matematika
yang sangat rumit dan sulit,akan bisa terlihat mudah untuk dipecahkan bila
diuraikan dalam bentuk cerita.Ini berhubungan dengan penggunaan logika
berpikir.Oleh karena itu bila kita telah terbiasa menggunakan logika berpikir
dalam memecahkan soal matematika,maka kita tidak akan menemui kesulitan bila
kita menjumpai soal matematika dalam bentuk cerita.
11.
Kerjakan
PR yang diberikan oleh guru.
Luangkan waktu untuk
mengerjakan PR yang diberikan oleh guru. Setelah mengerjakan beberapa soal
dengan melihat buku atau catatan, cobalah mengerjakan soal tanpa menggunakan
buku atau catatan, hal ini dimaksudkan untuk melatih diri kita menghadapi ujian
atau tes tentang materi tersebut. Ingat saat dalam ujian atau tes kita dilarang
untuk membuka buku atau catatan. Mengerjakan PR akan memberi kesempatan untuk
lebih memahami materi yang sedang dipelajari.
BAB III
PENUTUP
III.1 KESIMPULAN
Adanya strategi tertentu, harus
dimiliki siswa dalam belajar tak menggantungkan diri pada teman. Karena pada
dasarnya dengan adanya ketergantungan itu dapat membuat kita lemah dan terbiasa
tidak berusaha sendiri dengan kata lain kita tak mempunyai sikap mandiri.
Strategi-srategi itu biasanya
seperti, belajar pelajaran yang akan di pelajari besok, rutin dalam belajar,
mengajarkan pr pada hari itu juga dan tidak menunda-nunda suatu pekerjaan.
Jangan pernah meningalkan suatu
masalah jika belum ada solusinya, misalakan , ada seorang siswa yang belajar
matematika rutin.
Seorang siswa yang rutin dalam
belajar dan disiplin akan mendorong siswa untuk belajar lebih maju. Menekuni
suatu bidang mata pelajaran adalah hal yang sangat diperlukan karena agar siswa
tidak kebingungan & fokus yang menjadikan hasil maksimal.
III.2 SARAN
1. Sebaiknya
siswa lebih banyak berlatih soal matematika.
2. Sebaiknya
lebih sering berdiskusi soal-soal matematika dengan teman sebaya.
3. Lebih
sering aktif bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan
soal matematika.
4. Harus
menyenangi pelajaran matematika.
5. Tidak
boleh berputus asa jika mengalami rintangan saat belajar matematika.
6. Aktif
dalam mengikuti lomba-lomba seputar matematika untuk meningkatkan semangat
dalam belajar matematika.
III.3
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar